Senin, 13 Desember 2010

| | |
Nih lagi informasi yang membuat setiap pembaca kagum (insyaallah)
salah satu keajaiban dunia yang tak ada duanya di dunia. Jangan salah danau ini cuma ada di negri tercinta kita Indonesia yaitu danau kalimutu,faktanya nih punya tiga warna dan menyimpan misteri yang samapai saat ini belum terungkap . Bukan tiga warna aja loh,tapi warna-warna tsb juga berubah-ubah.. Ada sebutan buat warna-warna danau kalimutu yaitu:
1.Danau Arwah Muda-mudi (tiwu nua muri ko'o fai)
2.Danau Arwah Tukang Tenung (tiwu ata polo)
3.Danau Arwah Orangtua (tiwu ata mbupu)






Sedikit aku cerita in tentang danau kalimutu.Danau ini terbentuk karena meletusnya gunung kalimutu di kabupaten Ende,Pulau Flores,Nusa Tenggara Timur.
Pada pertengahan 2006 lalu terjadi beberapa kali perubahan terutama untuk dua danau yang letaknya bersebelahan yakni Danau Arwah Muda-mudi (tiwu nua muri ko'o fai) dan Danau Arwah Tukang Tenung (tiwu ata polo). Danau Arwah Muda-mudi yang sebelumnya berwarna hijau, pada Juni tahun lalu sempat berubah menjadi biru. Sementara Danau Tukang Tenung atau Orang Jahat yang sebelumnya berwarna cokelat tua berubah warna agak kemerah-merahan.

Satu danau yang terpisah, Danau Arwah Orangtua (tiwu ata mbupu) tetap berwarna hijau tua/lumut. Namun, pada Desember lalu ketika Pembaruan berkunjung ke danau tersebut Danau Arwah Muda-mudi kembali berwarna hijau, Danau Orang Jahat menjadi biru tua, dan Danau Orangtua menjadi cokelat kehitaman. Warna air Danau Kelimutu adalah misteri alam.

Pagi hari adalah waktu yang terbaik untuk menyaksikan Danau Kelimutu. Menjelang tengah hari, apalagi sore hari, biasanya danau diselimuti kabut yang menghalangi pandangan. Itu sebabnya para wisatawan biasanya bermalam di Kampung Moni dan baru berangkat ke Gunung Kelimutu dini hari. Kelimutu terletak sekitar 66 kilometer dari Kota Ende dan 83 kilometer dari Kota Maumere.

Alangkah indahnya danau kalimutu sampai-sampai di jadiin gambar mata uang Rp.5000.
Bangga gak sih punya negri yang menyimpan sejuta keindahan alam?

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nah aku baru tau sejarahnya nih

Posting Komentar

 
"http://dhianaseprianti.blogspot.com" "http://i700.photobucket.com/albums/ww6/mandalika3/soniclari.gif"